Senin, 15 Maret 2010

Dear Mr. President...



inspired by Pink titled Dear Mr. President

Kepada yth bapak presiden RI

Anda mungkin tidak kenal saya, dan saya juga hanya mengenal anda melalui media-media yang ada. Baik yang objektif maupun yang tidak.
Ada beberapa yang saya ingin sekali saya tanyakan kepada bapak.

Bagaimana perasaan anda sebagai seorang presiden?

Bagaimana perasaaan anda ketika melihat tayangan televisi yang banyak menayangkan orang miskin karena kurangnya lapangan perkerjaan yang layak, padahal anda memberitakan pada rakyat bahwa angka pengangguran berkurang?



Bagaimana perasaan anda ketika semakin berkembang kejahatan seksual pada anak2 jalanan? Bagaimana jika anak2 iitu merupakan anak anda?

Bagaimana perasaan anda mengetahui ada maling ayam yag dipenjara 3 bulan hanya untuk memberikan makanan pada keluarganya yang kelaparan, karena bencana kekeringan yang melanda kampungnya dan karena tanah yang diambil oleh keluarga pejabat juga..

Bagaimana perasaan anda ketika mengadu pada rakyat bahwa bapak diteror, bapak pusing padahal ada berjuta-juta penduduk lainnya yang mempunyai masalah yang terlihat berskala kecil, tapi memang tidak ada penyelesaiannya..

Bagaimana tidur bapak selama ini? siapa yang anda doakan tiap malam?

Bagaimana perasaan bapak ketika melihat cermin? Apa yang anda pikirkan ketika melihat sosok itu di cermin?

Saya tahu masalah yang anda hadapi memang complicated, tapi bukannya itu sudah anda ketahui sebelum anda menjadi presiden?

Anda selalu mengatakan politik santun, tapi dengan santun tidak menyelesaikan masalah kelaparan dan pengangguran...
Dengan politik santun tidak menyelesaikan masalah Lapindo..
Dengan politik santun tidak menyelesaikan masalah pengusaha kecil kita yang frustasi dengan perdagangan bebas..
Dengan politik santun tidak menyelesaikan masalah perbudakan tenaga kerja melalui outsourcing dan sistem kerja kontrak..

Maafkan saya jika saya lancang..saya hanya rakyat biasa yang bingung untuk mengadukan nasib orang sekitar saya..anak kecil yang harus outus sekolah karena harus berdagang demi mencari sesuap nasi membantu keluarganya,,,anak jalanan yang menjadi sapi perahan preman-preman sekitar..ibu yang mungkin tidak bisa melihat anaknya karena tidak sanggup membayar persalinan..keluarga di jawa timur yang kehilangan rumah karena negara menyebutnya bencana...pegawai outsourcing yang bekerja 12 jam dan digaji dibawah UMR..dan masih banyak persoalan sepele rakyat lainnya...

Sedangkan jika saya lihat para pejabat disekeliling anda digaji dengan uang rakyat, tapi tetap mengambil bagian yang bukan bagiannya dan tidak ada yang menindaknya..
Pejabat yang menerima sogokan untuk menjajah rakyatnya sendiri..

Semua orang bilang negara kita kaya..tapi saya tidak merasa kaya..terutama jika melihat rakyat papua dan kalimantan..
Anda bilang ekonomi kita mengalami pertumbuhan ekonomi yang baik..tetapi kenapa semakin banyak pengangguran? Pekerjaan informal?

Jika saja anda lebih memikirkan kesejahteraan rakyat ketimbang pertumbuhan ekonomi makro..
Jika saja anda lebih memikirkan pendidikan rakyat ketimbang mempertahankan kursi..
Jika saja anda lebih memperhatikan pertumbuhan generasi muda ketimbang harus bersilat lidah..
Mungkin akan lebih banyak yang anda bisa kerjakan..

Maafkan jika saya lancang..saya memang tidak bisa mengerti posisi anda..tidak bisa memahami posisi anda..tetapi mohon juga anda mengerti posisi rakyat yang memilih anda..jika memang rakyat merasakan perubahan kesejahteraan dengan kepemimpinan anda, tidak perlu iklan mahal dan serangan fajar untuk kami memilih anda..tidak perlu wajah ganteng untuk kami memilih anda..kami hanya memerlukan pemimpin yang memang berkomitmen, berani, bermpati dan tegas.

Semoga anda bisa mendengarkan salah satu keluhan dari rakyat yang pasti tidak anda kenal. Semoga anda diberikan kesehatan dan kejernihan dalam berpikir dan memimpin. Anda adalah satu-satunya tempat kami berharap pak presiden. Jangan sia-siakan harapan kami...

1 komentar: